20130610

Mengenal Dapur/Desain Interior Dapur Jakarta




Dapur merupakan area makan tempat berkumpul keluarga, tempat pengolah, memasak dan penyimpanan makanan. Seiring perkembangan teknologi, kebutuhan dan kemajuan teknis dalam peralatan memasak telah merubah arsitektur dapur.  Dapur menjadi lebih simpel dan bersih dalam tatanannya, lebih maksimal manfaatnya, dan juga dapur lebih modern peralatan dan perabotnya.  Dapur juga dijadikan sebagai objek prestise untuk  memproyeksikan status sosial seseorang /sisi profesionalisme memasak seseorang bahkan kepribadian seseorang dapat terbaca dari bentuk dan desain interior dapurnya.

Pelangidesain.com Free Konsultasi & Desain interior rumah, kantor, tempat usaha, Café, Restoran 02191665622 /085697811078 (Sdr.Andre)


Interior dapur yang paling menonjol yakni kitchen set dan meja makan.  Penataan interior dapur sungguh membutuhkan keterampilan, perhitungan dan kesesuaian.  Sentuhan  seni  juga turut  menambah cantik dapur anda. Begitu banyak ide-ide bentuk dan model desain interior dapur yang ditawarkan diluar sana, namun semua kembali kepada kebutuhan dan selera pengguna.
 
Kami produsen dan desain interior di kota Jakarta dengan sistem sesuai pesanan. Bahan dasar Kitchen biasanya  aluminium dan kayu, baik kayu solid maupun kayu hasil olahan.  Sebelum memutuskan  memakai bahan dasar apa, ada baiknya mengenali terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya, sesuai dengan kebutuhan dan gaya yang ingin ditampilkan dan  juga bujet tentunya.

Aluminium/stainless steel
Biasanya telah dipabrikasi berupa modul dengan ukuran tertentu sehingga sesuai dengan lokasi pemasangan. Kelebihannya tidak rapuh, mudah dibersihkan, ringan, warna menarik, cocok untuk dapur modern atau higienis.

Kayu
Kitchen set berbahan dasar ini umumnya costum, yakni anda bisa mendesain bentuk, corak, dan modelnya dengan bebas.  Kami akan produksi setelah desain telah sesui  dengan keinginan customer, berikut jenis-jenis kayu yang kami pakai:

1.Kayu solid
Kayu solid lebih tahan terhadap air dan daya pegangnya terhadap paku paling kayu kuat dibanding multipleks, MDF, atau particle board. Kekurangannya adalah mudah retak karena penyusutan dan atau pemuaian akibat pengaruh cuaca.

2.Plywood/multipleks

Plywood/multipleks lebih banyak digunakan sebagai bahan dasar kitchen,  multipleks dibuat dari beberapa lapis kayu lembaran. Kelebihannya lebih tahan air dan lembap serta memiliki kerapatan struktur dan kekuatan ikatan engsel yang baik. Sayangnya plywood/multipleks lemah pda sisi lebarnya yang mudah menyerap air sehingga mudah rapuh, mensiasatinya dengan  melapisi bahan finishing yang tahan air agar tidak mudah rapuh.

3.MDF dan particle board
Bahan ini terbuat dari serbuk kayu, MDF terbuat dari serbuk kayu yang lebih halusdibanding Particle Board,  namun  mudah menyerap air sehingga lebih mudah rapuh dan daya pegang terhadap paku kurang kuat.

Jenis Finishing

Decosheet
finishing tempel yang melapisi bahan dasar kitchen, bahannya tipis dan mudah mengikuti bentuk  dan tekstur kitchen. Kekurangannya terletak pada bahannya yang tipis sehingga mudah sobek jika terkena benturan agak keras dan tidak tahan terhadap air. Finishing decosheet cocok untuk dapur kering (pantry).

HPL(High Pressure Laminate)

HPL warnanya tahan walau pemakaian sudah tahunan,  mudah dibersihkan, serta tahan terhadap minyak dan panas. Namun, karena bersifat melapisi bahan dasar (ditempel), HPL dapat terkelupas jika lemnya tidak kuat.

Melamic
Finishing melamik diaplikasikan dengan disemprot. Finishing ini digunakan pada bahan dengan tetap menampakkan tekstur dasarnya sehingga terlihat lebih elegan, melamik tidak tahan terhadap cairan dapur, sehingga harus rajin dibersihkan agar tidak timbul jamur.

Cat Duco
Cat Duco finishing seprotan dengan menggunakan standar cat mobil, tersedia dengan konsep glossy atau doff serta dilapisi vernis, bisa juga ditambah antigores. Cat Duco mudah  diaplikasikan untuk finishing kitchen set yang banyak lengkungan mengikuti tekstur dasarnya dan hasilnya sangat rapi, namun harganya relatif mahal.